Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

SMSI Sukabumi Raya dan Diskominfosan, Perbup Kerjasama Media jadi Pokok Bahasan Sangat Penting

Rabu, 24 Januari 2024 | 11:24 WIB | Views Last Updated 2024-01-24T04:24:46Z

SUKABUMI, jejakinformasi.id- Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sukabumi Raya menggelar silaturahmi internal pengurus dan anggotanya. Dalam momen tersebut hadir Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian (Diskominfosan Kabupaten Sukabumi). Acara dilaksanakan di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Cikembang Kab.Sukabumi, Selasa (23/01/2024).

Selain momen internal untuk evaluasi keorganisasian SMSI Sukabumi Raya, hadirnya Diskominfosan Kabupaten Sukabumi diharapkan dapat memberikan sosialisasi terkait Pelaksanaan Perbup Kerjasama Media yang sebelumnya sudah diwacanakan.

Turut hadir dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi mengawali jalannya acara dengan memberi paparan terkait pentingnya BPJS Ketenagakerjaan bagi perusahaan media online.


Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Hendra Setiawan, yang hadir mewakili Sekdis Kominfosan Herdi Somantri selaku Plt Kadiskominfo menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini.

Hendra mengungkap, saat ini sedang dipersiapkan kajian khusus terkait klasifikasi dan kualifikasi media massa baik online, cetak maupun elektronik. Selain itu kedepan Hendra meminta agar organisasi pemilik media maupun organisasi pers turut serta membantu dalam pembuatan kajian tersebut.

"Perbup Kerjasama media sudah ada dan disahkan pada 2022, namun dalam pelaksanaanya masih dirasa perlu ada yang bersama diperbaiki. Semisal terkait verifikasi faktual Dewan Pers diusulkan oleh rekan-rekan media yang ada untuk tidak dimasukkan dalam syarat kerjasama. Namun untuk Uji Kompetensi Wartawan layak untuk dimasukkan," ungkapnya.

Juga disinggung terkait kerjasama media itu tepatnya dengan perusahaan media massa yang bertanggungjawab, bukan dengan wartawannya.


"Pemkab Sukabumi sangat peduli dengan dunia Media Massa (Pers_red). Terbukti sampai munculnya Perbup Kerjasama Media ini. Nah, kalau ada hal yang perlu dikritisi silahkan, tentu kritik membangun sangat dibutuhkan dalam mencapai ketepatan regulasi," ucap Hendra.

Diskusi berjalan interaktif dan menghasilkan beberapa kesimpulan yang diharapkan dapat membantu tercapainya sinergitas simbiosis mutualisme dalam kerja bersama unsur pentahelix dalam pembangunan

Disampaikannya, selain kerjasama dalam membangun Sukabumi bersama juga agar terkait Kerjasama Media diutamakan media berbasis atau mempunyai homebase lokal Sukabumi.

"Bukan bermaksud primordialisme, namun perlu sekali media start up yang berasal dari Sukabumi didukung untuk berkembang agar lebih fokus dan dapat berperan dalam pembangunan Sukabumi sesuai tupoksinya," ujarnya. (Red)

×
Berita Terbaru Update