Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Forum Konsultasi Publik RPJPD kabupaten Oku Selatan Tahun 2025-2045 Oku Selatan Hebat 2045

Rabu, 29 November 2023 | 19:29 WIB | Views Last Updated 2023-11-29T12:29:26Z


jejakinformasi.id Muaradua (29/11) Wakil Bupati OKU Selatan H. Sholehien Abuasir, SP.,M.Si. membuka  secara resmi Forum Konsultasi Publik Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten OKU Selatan Tahun 2025-2045, Rabu (29/11/2023).


Dalam Laporan Kepala Bappeda Litbang Kabupaten OKU Selatan Firman Bastari, S.STP.,M.Si. menyampaikan bahwasanya berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2012 tentang RPJPD  Kabupaten OKU Selatan Tahun 2005-2025 akan berakhir dalam 2 tahun lagi, maka sesuai dengan Amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 Pemerintah Kabupaten OKU Selatan diwajibkan menyusun kembali rencana pembangunan dua puluh tahun kedepan dalam bentuk dokumen RPJPD Kabupaten OKU Selatan Tahun 2025-2045. 

"Bappeda Litbang telah memulai rangkaian penyusunan RPJPD ini dimulai dengan melaksanakan evaluasi pelaksanaan RPJPD Kabupaten OKU Selatan tahun 2005-2025 di tahun 2022 lalu yang Alhamdulillah setelah dievaluasi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan awal tahun ini, pelaksanaan pembangunan di Kabupaten OKU Selatan sepanjang tahun 2005-2025 telah mencapai skor 96,93 % dengan Predikat Capaian Sangat Tinggi atas indikator kinerja yang telah ditetapkan," ungkap Kepala Bappeda.


"Menyusun rancangan awal RPJPD bekerja sama dengan Narasumber dari akademisi yang berasal dari Universitas Baturaja. Dari rancangan awal RPJPD yang telah disusun ini selanjutnya dilaksanakan  konsultasi publik terhadap rancangan awal RPJPD untuk mendapat masukan penyempurnaan dan menjadi rancangan awal RPJPD yang akan dievaluasi oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk dibawa ke dalam Musrenbang RPJPD di tahun 2024 nanti, sehingga menjadi rancangan akhir RPJPD barulah kemudian diparipurnakan untuk ditetapkan mejadi Peraturan Daerah paling lambat bulan Juni Tahun 2024," ujarnya.


Kepala Bappeda juga menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan memperoleh masukan saran penyempurnaan dalam penyusunan rancangan awal RPJPD Kabupaten OKU  Selatan Tahun 2025-2045 yang pada akhir acara  dirumuskan dalam berita acara kesepakatan yang akan diwakili oleh setiap unsur pemangku kepentingan.


Wakil Bupati OKU Selatan dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa dokumen RPJPD ini sangat berarti penting agar arah pembangunan tetap dalam koridornya sehingga  diharapkan seluruh Perangkat Daerah di Kabupaten OKU Selatan untuk bersungguh-sungguh men-support Bappeda Litbang dalam penyusunan dokumen RPJP ini. "Jika kita salah dalam menyusun dokumen RPJP ini sama artinya kita merencanakan kegagalan penyelenggara pemerintahan di masa yang akan datang, namun jika baik dan benar dalam penyusunan dokumen ini tentunya akan mempermudah generasi penerus kita dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten OKU Selatan," Ujar Wabup.

Wabup juga menyoroti visi yakni  “OKU Selatan Hebat 2045”, yang dirasa cukup menarik dan akan menjadi tagliner yang familiar di tengah-tengah masyarakat dan cukup memberikan motivasi bagi aparatur pemerintahan dalam menjalankan roda pemerintahan, adapun Hebat merupakan akronim dari  (Handal, Ekonomi Berkembang, Aman dan Tenteram). 

Diakhir sambutannya Wabup mengatakan bahwa ini adalah harapan kita bersama, dan saya percaya bahwa saudara-saudara yang hadir saat ini adalah orang-orang terbaik di Kabupaten OKU Selatan ini, yang akan mewariskan pemikiran dan aksi terbaik bagi masyarakat Kabupaten OKU Selatan.


Selanjutnya pemaparan oleh Narasumber Tim Penyusun Rancangan Awal RPJPD  Kabupaten OKU Selatan,  Ir. Lindawati MZ, M.T.  Dr. Munajat, SP.,M.Si.  Dr. Fifian Permata Sari, SP.,M.Si. dan Dr. Santi Indriani, S.H.,M.H. dan terakhir Penandatanganan Berita Acara Kesepakatan. 


Kegiatan yang berlangsung di Ruang Nagara Bhakti ini turut dihadiri oleh Asisten I, Para Staf Ahli, Para Kepala OPD, Para Kabag, Kepala BPS, Kepala BPN, Direktur PDAM Tirta Saka Selabung, Kepala PLN Unit Muaradua, dan Camat Muaradua.

Refoter .Andi saputra

×
Berita Terbaru Update