Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

HUT 58 Yon Armed 13, Puluhan Prajurit Sumbangkan darah.

Sabtu, 11 Juli 2020 | 15:26 WIB | Views Last Updated 2020-07-17T16:24:33Z
SUKABUMI JEJAKINFORMASI
Pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 58 Batalyon Armed 13 Nanggala Kostrad, Puluhan prajurit Batalyon Armed 13 Nanggala Kostrad menyumbangkan darah di aula Batalyon Armed 13 Nanggala Kostrad Jalan Perintis Kemerdekaan, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kamis (9/7).

Dalam aksi sosialnya Batalyon Armed 13 Nanggala Kostrad telah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi.

Untuk memastikan keamanan  dari penularan virus corona atau Covid 19 petugas PMI menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) serta memberlakukan protokol kesehatan bahkan setiap pendonor lebih dahulu dilakukan uji rapid test. 

"Donor darah ini sebagai bentuk komitmen Batalyon Armed 13 Nanggala Kostrad,  setetes darah akan berarti untuk kehidupan," ungkap Komandan Batalyon Letkol Arm Micha Arruan.

Menurut Micha, kegiatan tersebut sebagai  bentuk kepedulian TNI untuk membantu sesama 

" Kita bantu PMI untuk memenuhi stok darah, apalagi saat ini ketersediaan darah di PMI sangat kurang,  karena masyarakat khawatir melakukan donor dimasa pandemi virus corona atau Covid-19. " Tambanya

Danyon Armed 13 mengaku kegiatan aksi sosial seperti ini bukan hanya dilakukan pada perayaan HUT saja,  namun sudah menjadi agenda rutin Batalyon Armed 13 Nanggala Kostrad.

"donor mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh prajurit, sekaligus  bisa membantu masyarakat yang membutuhkan darah, setetes darah yang diberikan sangat berarti bagi   yang membutuhkan untuk kelangsungan hidupnya" 

Darah yang berhasil dikumpulkan dalam kegiatan tersebut sebanyak 63 labu darah, Terdiri dari 13 labu dari golongan darah A, 19 labu golongan darah B, enam labu dari golongan darah AB dan 25 labu dari golongan darah O.

Ditempat yang sama  Ketua PMI Kabupaten Sukabumi, dr. Hondo Suwito mengucapkan apresiasi atas sikap prajurit Batalyon Armed 13 Nanggala Kostrad yang sudah membantu tugas PMI dalam penyedian darah

 "stok darah di PMI Kabupaten Sukabumi untuk didistribusikan ke setiap rumah sakit, sangat minim. Hal ini, terjadi lantaran masyarakat Kabupaten  Sukabumi mengalami kekhawatiran mendonorkan darah di tengah pandemi Covid-19" jelasnya

Dr. Hondo menjelaskan bahwa warga tidak perlu khawatir untuk melakukan donor darah. Karena, menurutnya bahwa virus corona itu tidak bisa menular melalui darah. Akan tetapi menularnya melalui droplet.

 " kegiatan donor darah yang dilakukan oleh prajurit Batalyon Armed 13 Nanggala Kostrad ini, patut menjadi contoh dan masyarakat tak perlu khawatir untuk melakukan donor darah" pungkasnya.

M.Sha
×
Berita Terbaru Update